Pengembangan Sistem Kepakaran Berbasis Forward Chaining untuk Diagnosa Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa

Authors

  • Nur Ratnasari Universitas Lamappapoleonro
  • Fauzul Irham Mahesa Universitas Lamappapoleonro

Keywords:

Sistem Pakar, Forward Chaining, Kesulitan Belajar, Matematika, Diagnosis

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan salah satu permasalahan utama yang sering dialami siswa dan berdampak pada capaian akademik secara keseluruhan. Guru sering kali mengalami kendala dalam mendiagnosis secara cepat dan tepat jenis kesulitan belajar yang dialami siswa, sehingga dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses identifikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pakar berbasis forward chaining yang mampu mendiagnosis kesulitan belajar matematika siswa secara sistematis dan akurat. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, serta pengujian dengan membandingkan hasil diagnosis guru dan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar yang dikembangkan mampu memberikan diagnosis dengan tingkat akurasi yang tinggi, ditunjukkan dengan persentase kesesuaian 90% antara hasil diagnosis guru dan sistem. Grafik dan tabel perbandingan hasil diagnosis memperkuat temuan bahwa sistem ini dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi guru dalam mengidentifikasi jenis kesulitan belajar siswa, seperti kesulitan pemahaman konsep, kesalahan prosedural, maupun keterbatasan logika matematis. Dengan demikian, sistem pakar berbasis forward chaining ini berpotensi meningkatkan efisiensi dan ketepatan diagnosis, sekaligus mendukung intervensi pembelajaran yang lebih tepat sasaran

Published

2025-05-30